Saturday, September 1, 2012

Tips Untuk Mengatasi Mata Lelah Dengan Mudah

Gambar dari optikmelawai.co.id
Hidup sehat adalah hidup yang selalu didambakan oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan adanya keinginan yang begitu banyak pada saat hidup, namun tidak semua orang mampu untuk menggapai keinginan tersebut dikarenakan oleh kurang mampunya tubuh. Maka, banyak orang sekarang rela untuk menunda keinginan mereka untuk merawat dan menjaga kesehatan sendiri, setidaknya berolahraga di sekitar rumah walaupun hanya sebentar tetapi juga rutin.

Selain berolahraga, anda juga dapat merawat dan menjaga kesehatan anda dengan meminum jus buah-buahan yang tentunya bermanfaat untuk tubuh. Buah-buahan memiliki khasiat dan manfaat dalam menyehatkan tubuh kita karena buah-buahan memiliki vitamin dan mineral yang mampu menunjang kesehatan tubuh. Salah satu organ tubuh yang dapat dirawat dan dijaga adalah Mata. Mata memiliki peran yang penting dalam kehidupan setiap manusia. Oleh karena itu, mata juga salah satu organ yang paling dilindungi oleh manusia demi keberlangsungan dan kesejahteraan hidupnya.

Namun, karena nafsu manusia lebih besar sehingga banyak yang tidak mampu menahannya. Maka mereka bekerja siang malam setiap harinya untuk mendapatkan keinginan mereka tanpa mengenal keadaan tubuh, yang sering kali terjadi adalah keadaan mata lelah yang juga berbahaya bagi kita. Keadaan mata lelah lebih sering dianggap orang hal yang biasa namun vital dikarenakan sebagai jalan untuk melihat. Pertanyaannya apa yang akan terjadi ketika dalam perjalanan kita mengalami mata lelah?

Mata lelah ditandai dengan beberapa gejala, seperti mata berair, terasa kering, atau bahkan disertai pusing. Penyebabnya dapat berasal dari berbagai macam cara, tetapi setidaknya ada sekitar 4 hal yang sering memicu gangguan tersebut sehingga kita dapat mencegah kita dari serangan mata lelah.

Membaca dalam waktu yang lama.
Membaca merupakan salah satu yang paling bagus karena mampu membuka wawasan pendidikan kita. Tetapi, terlalu banyak membaca dapat merusak kesehatan kita sendiri, hal itu disebabkan karena kita memaksa mata kita untuk membuat focus pada satu hal. Biasanya membaca pada waktu yang lama mampu membuat mata lelah, apalagi jika dilakukan dengan kondisi penerangan yang tidak baik. Seperti yang saya katakan, bahwa ketika kita memaksa mata kita untuk focus maka mata pada saat itu juga akan menegang sehingga dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan iritasi dan dapat mengganggu kenyamanan. Kadang, lelah pada mata ini juga diikuti dengan kaku-nya bagian leher dan pundak. Untuk menghindarinya, biasakanlah mengistirahatkan mata kurang lebih 5 menit setelah 30 menit membaca. Dengan mengistirahatkan mata, anda juga mengistirahatkan pikiran dan otak anda sehingga anda dapat bersikap rileks sambil berbaring dan memejamkan mata anda.

Radiasi dari layar komputer.
Radiasi dari layar komputer juga menjadi penyebab kelelahan mata, yang umumnya dialami oleh pekerja kantoran yang dalam sehari bisa berjam-jam duduk di depan komputer. Untuk menyiasatinya, aturlah tingkat kontras warna dan penerangan pada layar. Selain itu, letak monitor komputer harus diperhatikan dengan baik sehingga dapat terhindar dari pantulan cahaya yang berasal dari lampu ataupun sinar matahari. Dalam kaitannya dengan penggunaan komputer hal lain dapat dilakukan adalah ketika browsing di internet. Gunakan ukuran huruf yang lebih besar dan jelas sehingga tidak memaksa mata anda untuk memfokuskan ke arah monitor.

Pantulan sinar matahari. Tanpa disadari memang, salah satu penyebab mata lelah adalah pantulan sinar matahari yang langsung ke arah mata kita. Oleh karena itu, menggunakan kacamata hitam sanga dianjurkan demi menjaga kesehatan mata, bukan hanya sekedar sebagai aksesoris dari pakaian atau sedang mengikuti tren yang sedang ada.

Terlalu lama menggunakan kaca mata.
Penggunaan kaca mata juga mampu membantu banyak orang untuk membaca buku, sering kali yang digunakan adalah kaca mata minus ataupun plus. Memang kaca mata tersebut membantu banyak orang, namun jangan salah karena ketika mata anda dipakaikan kaca mata tersebut maka mata anda juga 2 kali bekerja dibandingkan mata normal untuk menggunakan kaca mata tersebut. Jadi, jangan terlalu lama menggunakan kaca mata dalam hal-hal yang membuat mata anda bekerja. Untuk menyiasatinya, biasakanlah untuk mengistirahatkan mata anda apabila anda sudah merasa mata anda lelah ataupun badan anda. Biasanya hal kelelahan itu terjadi berbarengan dengan keadaan tubuh yang lelah.

Related Post:

4 comments:

  1. Kalau sudah terlanjur blogging bisa berjam-jam Mas depan monitor komputer. Mungkin salah satu cara yang cukup efektif juga adalah dengan mengkedip-kedipkan mata berulang-ulang selama beberapa menit sampai mata berair.

    ReplyDelete
  2. setuju dengan pendapat mas Hendrik..bisa diredakan juga dengan obat tetes mata biar lebih adem rasanya

    ReplyDelete
  3. Yah, semuanya itu tergantung dari kita bagaimana cara mengatasi permasalahan itu semua

    ReplyDelete