Tuesday, September 4, 2012

Cara Menginstall Android Secara Offline Di Laptop

Android merupakan salahsatu OS berbasis Linux untuk perangkat mobile seperti smartphone maupun computer tablet.Karena android bersifat open source, maka kita bisa mengembangkan berbagi aplikasiuntuk OS ini. 

Kita dapat menginstall android di computer dan di laptop, namun beberapa kendala yang dimiliki adalah beberapa komponen di install secara online. Karena keterbatasan koneksi internet di beberapa tempat, install offline menjadi solusinya, namun kita sebelumnya kita juga harus mendownload komponen-komponen secara online terlebih dahulu.

Komponen yang dibutuhkan yang harusdidownload :
Saya menyarankan anda memilih Eclipse IDE for Java EE Developer atau Eclipse IDE for Java Developers dan pilih sesuai dengan OS windows 7 anda (windows 7 64 bit atau windows 7 32 bit). Eclipse bersifat portable jadi kita tidak perlumenginstall, cukup ekstrak dan copy/cut pada C:\program files (x86) untuk windows 7 64 bit dan C:\program files untuk windows 7 32 bit.

  1. Install JDK, (jika anda mengalami masalah nantinya ketika akses java ke android, download dan install JDK 1.6 “ketik saja di google JDK 1.6”). 
  2. Setelah selesai diinstal, klik kanan my computer > properties > Advanced system settings > EnvironmentVariables. Pilih new (user variables), pada variable name berikan nama PATH dan pada variable value berikan direktori JDK yang telah di-install (C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_25\bin)atau C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_05\bin). Klik OK.
  3. Install android SDK.
  4. Ekstrakdan copy/cut pada C:\program files (x86) untuk windows7 64 bit dan C:\program files untuk windows 7 32 bit.
  5. Install ADT plugin, caranya
    • Mulai eclipse (ingat, selalu mulai dengan Run as Administrator), kemudian pilih help > Install New Software
    • KlikAdd, pada sudut kanan atas.
    • Pada kotak dialog Add Repository, klik Archive dan cari file ADT plugin yang di download tadi.
    • Untuk name, tulis ADT Plugin dan klik OK
    • Pada dialog software yang tersedia, pilih Developer Tools
    • Pada jendela selanjutnya, kliknext
    • Terima persetujuan lisensinya, dan klik finish
    • Tunggu hingga selesai menginstall dan restart eclipse nya.

Jika berhasil, kita sudah bisa memulai membuat projek sederhana untuk android. Namun, seiring dengan perkembangan android, ada beberapa komponen yang perlu diupdate untuk mengimprovisasi dan mengembangkan aplikasi yang ingin kita buat ke target device android saat ini seperti platform (yang sekarang API level 16 untuk android 4.1 a.K.a JellyBean) dan mungkin anda perlu mengupdate tools dan platform-tools android SDK nya. Update ini lebih efektif dilakukan secara online agar server dapat memilih komponen yang diinstall sesuai dengan laptop yang kita butuhkan.

ADT plugin, fungsinya untuk menghubungkan android SDK ke eclipse agar API dapat terkolaborasi dengan bahasa pemrograman java.

Java SE Development Kit berfungsi untuk mengcompile coding java yang kita buat untuk aplikasi android. Saya menyarankan anda untuk juga menginstal JDK 1.6 karena beberapa device yang ada saat ini belum mendukung untuk JDK 1.7 . Berdasarkan situs “oracle.com” juga disebutkan JDK 1.6 sudah banyak mendukung hampir ke semua device yang dapat menjalankan aplikasi java.
Sebagai pemahaman yang lebih, agan-agan bisa mengunjungi situs http://developer.android.com , dan untuk java bisa kunjungi www.oracle.com .

Ditulis Oleh Achmad Muhajir

selamatberinovasi…
Sumber:
http://developer.android.com,www.oracle.com, http://www.eclipse.org


Related Post:

3 comments:

  1. dah lama banget pengen nyoba coding Android tapi belum kesampean ;)
    nice share sob

    ReplyDelete