Tuesday, October 6, 2015

Enam Alasan Harus Cukup Minum Air Putih


Kebiasaan membawa botol air minum dalam perjalanan atau saat pergi ke mana pun mungkin belum menjadi tren di masyarakat. Bila haus di tengah perjalanan, kebanyakan dari kita lebih suka membeli sebotol minuman ringan beraroma the atau soda atau pun air mineral. Kebutuhan tubuh akan cairan memang tak bisa dibantah. Cairan penting dalam memelihara keseimbangan serta proses metabolism tubuh. Bila asupan cairan ke dalam tubuh tak seimbang dengan pengeluaran, maka dipastikan anda akan mengalami gangguan atau pun dehidrasi. Itulah mengapa kita membutuhkan air dalam kuantitas yang cukup.

Mempertahankan keseimbangan cairan tubuh adalah penyebab terjadinya dehidrasi. Fakta medis menunjukkan bahwa tubuh manusia 60 persen-nya terdiri dari cairan. Fungsi-fungsi cairan ini adalah untuk memproses makanan dalam proses pencernaan, lalu proses-proses lain seperti penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi. Selain itu, cairan dibutuhkan untuk mempertahankan suhu tubuh.

Membantu mengendalikan kalori. Sejak lama, air putih dipercaya oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet. Mereka melakukan kebiasaan untuk banyak meminum air putih sebagai strategi dalam menurunkan berat badan. Meskipun air tidak menghasilkan efek magis, menggunakannya sebagai pengganti minuman berkalori tinggi tentu saja akan sangat membantu.

Membantu membangkitkan otot. Sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan akan cairan dan elektrolit, akan berakibat pada kelelahan otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya akan berkurang. Minum air putih saat berolahraga juga sangat penting. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American College of Sports Medicine merekomendasikan bahwa dua jam sebelum berolahraga, sebaiknya seseorang meminum 17 ons cairan.

Membuat kulit kencang dan bercahaya. Kulit anda sebenarnya mengandung banyak air dan berfungsi sebagai benteng dalam mencegah ekses hilangnya cairan tubuh. Namun begitu, jangan harap bahwa kelebihan cairan dapat dijadikan sebagai cara ampuh menghilangkan kerutan dari garis pada kulit.

Memelihara fungsi ginjal. Cairan tubuh merupakan media yang juga mentransportasikan sisa atau limbah untuk keluar dan masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dieksresikan dalam bentuk urin.

Mempertahankan fungsi normal usus. Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Ketika anda tidak punya cukup cairan, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk tetap menjaga hidrasi. Alhasil, tentu saja buang air besar anda akan bermasalah.

Agar tidak dehidrasi ketika berolahraga, ikuti aturan minum air putih berikut. Dua jam sebelum olahraga, minum 3 gelas atau sekitar 600 cc air putih, dan 1 gelas (300 cc) 15-20 menit sebelum memulai berolahraga. Selama berolahraga, usahakan minum 1 gelas (200 cc) air putih setiap 20 menit.

Related Post:

0 comments:

Post a Comment