Thursday, September 13, 2012

Sumber Informasi yang Dibutuhkan Oleh Ahli Geofisika dan Geografi

Dalam setiap permasalahan yang ada dalam Geofisika dan Geografi sering kali didasarkan atas laporan-laporan yang telah dilakukan oleh orang-orang sebelumnya. Ilmu geofisika dan geografi ini memiliki ilmu terapannya yaitu geoteknik, dimana ilmu ini sangat tergantung atas pengalaman-pengalaman yang telah dijumpai dalam literatur-literatur teknis. Memang, laporan yang telah ditulis dan dipublikasikan memiliki perbedaan dalam setiap kasusnya namun dalam permasalahan yang dihadapi dapat diambil sebuah persamaan permasalahan antara masing-masing kasus sehingga dapat diselesaikan.

Publikasi yang ada sudah banyak dilakukan dan diteliti oleh para ahli di bidang geofisika, geografi dan geoteknis. Sebagian besar memang publikasi tersebut berasal dari negara-negara maju seperti Amerika, Inggris dan Jepang. Berikut beberapa daftar publikasi yang dapat anda jadikan referensi:

  • Journal of the Geotechnical Engineering Division, ASCE. Merupakan Divisi Teknik Geoteknis mensponsori konferensi-konferensi khusus secara berkala dan mempublikasikannya.
  • Canadian Geotechnical Journal (Canada). Suatu publikasi yang serupa dengan Geotechnical Journal ASCE.
  • Geotechnique (Inggris Raya). Jurnal yang pada tahun 1948 memulai gagasan untuk publikasi terpisah tentang geoteknik. Makalah-makalah yang ada terutama berasal dari Inggris Raya.
  • Soils and Foundations (Jepang). Publikasi yang serupa dengan Geotechnique yang berasal dari Inggris Raya. Pengarang-pengarang dalam publikasi ini terutama berasal dari Jepang sendiri, dan hingga sekarang sudah banyak pengarang dari negara-negara lain.
  • Proceedings of the International Conference of Soil Mechanics and Foundation Engineering. Ini merupakan sebuah konferensi yang diadakan oleh International Society of Soil Mechanics and Foundation Engineering (ISSMFE).
  • Proceedings of Regional Soil Conferences, Antara lain meliputi Eropa, Afrika, Asia, Asia Tenggara, Pan Amerika, Australia-New Zealand. Dan pada saat ini Australia-New Zealand mengadakan Geomechanics Conference
  • University of Engineering Experiment Station Bulletins. 
  • American Society for Testing and Materials (ASTM). Konferensi-konferensi yang secara berkala dan disponsori oleh Pemerintahan Amerika Serikat pada Komisi D-18 (Tanah dan Batuan) dengan hasil-hasilnya dipublikasikan pada Special Technical Publications (STPs).
  • Transportation Research Board 
  • Civil Engineering. Majalah yang diterbitkan oleh ASCE seringkali membahas mengenai hal-hal geoteknis
  • Proceedings, Institution of Civil Engineers in London, Australia and India.
Sumber:
Sifat-Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (MEKANIKA TANAH) - Joseph E. Bowles

Ditulis Oleh Averroes F Piliang

Related Post:

12 comments: