Saturday, October 3, 2015

Hiu Penghuni Terumbu Karang Great Barrier Reef Australia

Great Barrier Reef di Australia
Great Barrier Reef adalah suatu tempat di bagian barat Australia yang merupakan kumpulan terumbu karang yang memanjang. Great Barrier Reef membentuk bentangan sepanjang 2300 kilometer dari utara ke selatan mengikuti alur pulau Australia. Tak hanya terumbu karang, kehidupan di Great Barrier Reef memiliki kenekaragaman yang tinggi. Maka, sudah barang tentu bila hari ini tempat tersebut dijadikan sebagai salah satu keajaiban dunia.

Namun, sebagai salah satu habita bagi beberapa biota laut, terumbu karang tersebut juga dihuni oleh beberapa predator. Predator yang terkenal Hiu. Di Great Barrier Reef terdapat beberapa jenis Hiu yang mendiami daerah-daerah terumbu karang. Kurang lebih ada sekitar 7 jenis hiu yang menjadi penghuni tetap di semenanjung karang tersebut. Berikut jenis-jenis Hiu di Great Barrier Reef.

Coral Catshark
Hiu Kucing (Catshark). Jenis hiu ini merupakan bagian dari keluarga Hiu yang berukuran besar dan catshark (hiu kucing) sendiri memiliki ukuran tubuh yang panjang, dan mata seperti kucing. Mereka menjelajahi terumbu karang untuk berburu ikan-ikan kecil dan beberapa hewan tak bertulang belakang.

Grey Reef Shark
Hiu Karang Kelabu (Grey Reef Shark). Hiu ini memiliki warna abu-abu dengan moncong yang bulat dan sirip berwarna putih. Sering juga dikenal dengan sebutan hiu sirip putih. Hiu ini banyak ditemukan di daerah terumbu karang dan memiliki jumlah paling banyak. Mereka berburu di malam hari, dan pada siang hari mereka sering berenang ke daerah yang dangkal.

Hiu Kepala Martil
Hiu Kepala Martil (Hammerhead Shark). Jenis hiu ini didesain dengan bentuk kepala seperti huruf T. Gambarannya adalah seperti martil dengan ukuran pegangan memanjang dan kepala martil membesar. Hiu kepala martil dapat ditemukan di Great Barrier Reef untuk mencari ikan-ikan kecil sebagai makanan mereka.
Hiu Macan Tutul (Leopard Shark). Hiu yang seluruh badannya ditandai dengan titik-titik berwarna hitam ini disebut dengan hiu macan tutul. Hiu ini berenang dekat bagian bawah terumbu karang. Mereka hidup dengan memakan beberapa jenis moluska, udang-udangan dan beberapa hewan kecil.

Hiu Macan
Hiu Macan (Tiger Shark). Di terumbu karang Great Barrier Reef, jenis hiu ini merupakan hiu yang paling berbahaya. Hiu ini tidak kenal ampun terhadap hewan apa saja yang dimakan. Bahkan mereka memakan hewan-hewan seperti burung, ikan pari, dan bahkan hiu tiger memakan jenis hiu lainnya.

Hiu Paus
Hiu Paus (Whale Shark). Hiu Paus adalah hiu berukuran sangat besar dan dijuluki sebagai ikan terbesar di dunia. Hiu Paus bahkan dapat tumbuh hingga 12 meter. Hewan yang selalu menyendiri ini menyaring air laut untuk mendapatkan plankton agar bisa dimakan.


Wobbegong Shark
Wobbegong. Adalah jenis hiu yang sering hingga di bagian dasar terumbu karang Great Barrier Reef. Mereka lebih sering menyendiri di dasar laut dengan cara melakukan kamuflase (menyamar) untuk menyerupai pasir. Mereka menggunakan pasir laut untuk melakukan serangan tiba-tiba pada buruan mereka seperti lobster dan gurita.

Related Post:

0 comments:

Post a Comment